Sepuluh tahun yang lalu, tepatnya tanggal 11 Agustus 2010 bertepatan dengan tanggal 1 Ramadan 1431 H, saya menunaikan janji saya untuk berjalan kaki dari Kota Magelang menuju rumah. Saya berjalan kaki dari SD Negeri Magelang 5 yang berlokasi di Dusun Botton Nambangan, Kelurahan Magelang, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang sampai dengan Dusun Krajan, Desa Mangunrejo, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang. Jika diukur menggunakan rute di Google Maps kurang lebih menempuh jarak 20 km. Perjalanan itu saya tempuh sekitar 8 jam karena memang dalam kondisi sedang berpuasa ramadan.

Jalan kaki ini saya lakukan untuk memenuhi janji saya: jika saya lulus kuliah saya akan jalan kaki dari Kota Magelang sampai ke rumah. Dan setelah lulus pendadaran tugas akhir, saya pun menunaikannya.

Kuliah bagi saya adalah hal yang istimewa. Karena memang dari kecil tidak pernah terpikirkan sama sekali saya bisa kuliah. Rencana saya saat itu, setelah menyelesaikan pendidikan di bangku SMK, saya bercita-cita untuk bekerja di Jakarta. Namun takdir berkata lain, saya tidak diterima di beberapa perusahaan Jakarta. Saya hanya diterima di perusahaan yang masih di Magelang saja. Dan setelah merasa tidak nyaman bekerja, kebetulan bersamaan dengan adanya pendaftaran beasiswa kuliah, saya memutuskan untuk mengikuti seleksi pendaftaran kuliah D3 TKJ di Universitas Muhammadiyah Magelang. Dan atas ijin Allah SWT saya diterima.

Tahun 2017 saya memulai kuliah sebagai mahasiswa D3 TKJ angkatan ke 2 sekaligus yang terakhir. Tiga tahun setelahnya tepatnya tahun 2010 saya dinyatakan lulus. Sebagai ungkapan rasa syukur dan bahagia, saya memutuskan untuk mencoba berjalan kaki dari Kota Magelang sampai ke rumah.

Saya menempuh rute perjalanan dari Kota Magelang sampai rumah melalui; Plikon, Bandongan, Tonoboyo, Beseran, Kaliangkrik, Ngawongo, Sidowangi, Pasar Kajoran, Krumpakan, Terowongan dan akhirnya sampai di rumah saya yang berada di Dusun Krajan, Desa Mangunrejo, Kecamatan Kajoran. Karena saat itu bertepatan dengan hari pertama puasa ramadan, di beberapa titik saya beristirahat dengan tiduran di pinggir jalan di bawah pohon yang teduh. Saya juga beristirahan di Masjid Beseran, dari Dhuhur sampai Asar.

Beberapa kali pengguna jalan menghampiri saya dengan rasa iba. Mereka mengira saya kecopetan, sehingga harus pulang dengan jalan kaki. Beberapa tetangga dan juga kerabat yang bertemu di jalan menawarkan untuk membonceng saya. Namun tawaran itu saya tolak, karena memang sudah menjadi tekad saya untuk menyelesaikan kewajiban ini. Seingat saya ada salah satu orang yang menghampiri dan menawarkan bantuan uang. Ketika saya tanya dari mana, beliau dari daerah Potrobangsan dan bekerja sebagai PNS di BKD Magelang. Entah firasat atau hanya perasaan saja, saat itu batin saya mengatakan saya akan menjadi PNS. Dan benar adanya, tahun 2011 saya diterima bekerja sebagai PNS di salah satu kota kecil di Indonesia.

Mas Guntur, teman seperjuangan saya di Botton juga menemani saya berjalan kaki dari daerah Beseran sampai Kaliangkrik. Namun setelah itu dia berpamitan karena ada acara yang tidak bisa ditinggalkan.

Saya berbuka puasa dan melaksanakan sholat maghrib di Masjid Kajoran. Setelah itu saya membeli korek yang ada senternya karena perjalanan dari Kajoran sampai Mangunrejo lumayan sepi dan gelap. Sebelum memasuki Desa Krumpakan, setelah jembatan Kali Tangsi, dalam suasana gelap gulita itu saya memandang langit. Dan MasyaAllah bintang gemintang tumpah berhamburan di langit malam itu. Saya bedecak kagum. Belum pernah memandang langit semenakjubkan itu.

Menjelang sholat isya’ saya tiba di rumah. Keluarga di rumah terheran-heran mengetahui saya berjalan kaki dari Kota Magelang. Cerita perjalanan saya ini menjadi perbincangan beberapa tetangga beberapa hari selanjutnya. Perjalanan yang lumayan melelahkan. Namun setelah tertunaikan membuat hati lega dan puas.

Kedepan sepertinya perlu dilakukan lagi, dengan rute yang lebih jauh, sembari merenung mensyukuri kisah perjalanan hidup ini. Semoga ada kesempatan.

Foto-fotonya dapat dilihat di : https://web.facebook.com/media/set/?set=a.1566106757484&type=3