Tanggal 22 April diperingati sebagai Hari Bumi Internasional, tak terkecuali tahun 2019 ini. Di hari ini, beberapa komunitas pemerhati lingkungan mengajak kita untuk lebih peduli terhadap bumi tempat kita tinggal. Kelestarian alam menjadi tanggung jawab kita bersama.

Alam telah memberikan segala kebutuhan untuk kita hidup. Sudah seyogyanya kita merawat juga menjaga keseimbangan alam tersebut. Namun tidak dipungkiri, yang terjadi saat ini, alam kian rusak. Pencemaran terjadi di mana-mana. Sampah plastik semakin menggunung, mencemari selokan-selokan, sungai bahkan laut kita. Tak heran jika beberapa hari lalu kita mendengar berita yang menyedihkan: beberapa ikan paus mati dengan menelan sampah plastik. Jika tidak diantisipasi, keadaan ini semakin hari akan semakin parah. Dan yang akan merasakan akibatnya, tentunya kita dan generasi yang akan datang.

Masih dengan nuansa hari bumi, saya ingin berkomitmen pada diri saya sendiri. Setidaknya saya ingin membuat langkah kecil yang dimulai dari saya sendiri untuk membantu merawat bumi kita tercinta. Mudah-mudahan tulisan ini akan senantiasa mengingatkan saya untuk menjaga komitmen ini.

Di hari bumi ini saya berjanji pada diri sendiri untuk membantu merawat bumi dengan langkah sebagai berikut :

Membawa Botol Minum Sendiri

Saya akan berusaha membawa botol minum sendiri, baik itu ke tempat kerja, maupun ke tempat-tempat lainnya. Dengan membawa botol minum ini diharapkan saya tidak perlu lagi membeli air mineral dalam kemasan plastik.

Membawa Bekal dari Rumah

Saya juga akan membawa bekal dari rumah (jika saya sempat menyiapkan). Semoga dengan membawa bekal dari rumah, saya tidak perlu lagi membeli makanan yang kebanyakan menggunakan kemasan plastik, styrofoam, maupun kardus. Disamping itu, Kita juga bisa mengetahui kualitas makanan yang kita makan.

Belanja Menggunakan Wadah Sendiri

Saya tidak akan meminta plastik kepada penjual jika belanjaan saya masih bisa saya bawa tanpa kantong plastik. Jika belanjaan saya mengharuskan membawa kantong, saya akan membawa kantong sendiri yang bisa digunakan untuk berkali-kali. Kecuali barang belanja tersebut memang mengharuskan kantong plastik, terpaksa saya akan menggunakannya misalnya barang belanjaan yang basah atau kotor.

Minum Tanpa Sedotan

Terkadang untuk minum yang hanya beberapa menit saja, kita harus menggunakan alat yang tidak hancur bertahun-tahun. Untuk itu saya akan berusaha minum tanpa menggunakan sedotan.

Mematikan Listrik Ketika Tidak Digunakan

Dengan mengurangi penggunaan listrik, kita akan membantu mengurangi pemanasan global yang mengancam kelestrarian bumi tempat kita tinggal.

Terus Belajar dan Mendukung Kegiatan Pelestarian Lingkungan di Tempat Tinggal Saya

Saya akan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan, serta berusaha berperan aktif dalam kegiatan melestarikan lingkungan di tempat saya tinggal. Saya akan memulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar.

Demikian komitmen saya di hari bumi tahun 2019 ini. Mudah-mudahan saya bisa menjalankannya sebagai wujud kepedulian saya terhadap lingkungan juga bumi yang kita cintai ini.

Tegaljoho, 23 April 2019