Selamat siang. Rasanya kangen juga ya, sudah lama tidak menulis. Ini adalah catatan pertama di blog saya yang baru ini. Dengan berbagai pertimbangan, blog saya yang dulu (lisin.id) sudah tidak saya perpanjang lagi, dan saya kembali menggunakan platform blog gratisan dari wordpress.com.

Alasan yang pertama karena penyedia jasa domain dan hosting yang tempo hari saya gunakan untuk menampung lisin.id semakin tidak beres. Beberapa keluhan saya tidak mendapat tanggapan yang berarti. Ketika tiba masa perpanjangan, setelah semua file saya backup, saya memantapkan hati untuk tidak memperpanjangnya lagi.

Yang kedua, kenapa saya tidak memperpanjang lisin.id padahal masih banyak jasa domain dan hosting adalah karena pertimbangan biaya. Sebenarnya biaya untuk jasa blog self hosting dengan domain .id lumayan terjangkau, tetapi setelah saya pertimbangkan lagi, biaya hosting dan domain itu bisa saya alihkan untuk keperluan yang lebih bermanfaat, apalagi motivasi saya untuk menulis bukan untuk mendapat profit. Toh saya tetap bisa mencurahkan ide dan unek-unek di blog yang tidak berbayar ini.

Alasan ketiga, ternyata menulis di wordpress gratisan ini tersimpan awet di internet. Secara tidak sengaja saya pernah menemukan catatan-catatan masa lalu di blog yang pernah saya buat. Padahal sudah lama sekali blog itu  tidak terurus. Harapan saya, nantinya tulisan-tulisan yang pernah saya buat di blog ini akan terus bisa dibaca tanpa perlu ribet untuk membayar biaya tahunannya. 🙂 (mudah-mudahan wordpress eksis terus).

Semoga di blog yang baru ini, saya bisa konsisten untuk nge-blog dengan menuliskan catatan-catatan yang bermanfaat. Setidaknya untuk saya sendiri.

Update 4 Juni 2020 : Setelah mempertimbangkan banyak hal, salah satunya wordpress gratis terdapat banyak iklan yang mengganggu pembaca, serta kapasitas yang sedikit, saya kembali menggunakan domain Lisin.id ini. 🙂