Seminggu yang lalu, tepatnya tanggal 24 September 2017, alhamdulillah saya bisa mengikuti kegiatan gowes yang bertajuk Ngopi Gayeng, Gowes Bareng Mas Ganjar. Kegiatan ini diikuti oleh Gubernur Jawa Tengah, Bp. Ganjar Pranowo beserta istri, Bupati Temanggung beserta istri, Wakil Bupati Temanggung dan beberapa pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Temanggung, serta ratusan pecinta gowes di wilayah Temanggung dan Sekitarnya. Kegiatan dengan tagline Satu Sepeda, Seribu Saudara ini merupakan rangkaian kegiatan kunjungan Gubernur Jawa Tengah ke beberapa wilayah di Kabupaten Temanggung.

Pak Ganjar Sedang Membagikan Doorprize

Gowes kali ini mengambil start dari halaman Kecamatan Bulu dan finish di Obyek Wisata Gua Sigrowong yang berlokasi di Kecamatan Kandangan. Gowes dimulai pukul 07.00 WIB dengan rute: Kecamatan Bulu-Kota Temanggung-Maron-Pertigaan Kandangan dan Wisata Goa Sigrowong. Sedangkan Pak Ganjar dan beberapa rombongan menambah rute sampai dengan Embung Tlogo Pucang. Setelah itu baru beliau kembali ke Goa Sigrowong dan bergabung dengan peserta lain yang sudah menunggu kehadiran beliau untuk melakukan pengundian doorprize utama berupa kulkas, sepeda dan kompor.

Kegiatan ini sukses terselenggara atas kerjasama dari beberapa pihak antara lain; KSI Temanggung, Pemerintah Kabupaten Temanggung, Kopi ABC, Sudirman Motor, Bank Jateng, PKK Kecamatan Bulu, Kopri Kabupaten Temanggung, Formi Kabupaten Temanggung dan Pengelola Obyek Wisata Goa Sigrowong.

Peserta gowes nampak antusias mengikuti kegiatan ini. Begitu sampai di lokasi finish, peserta gowes dijamu dengan nasi megono. Nasi khas pedesaan ini langsung ludes diserbu oleh peserta. Selain itu di lokasi finish juga telah disediakan Kopi Gesing Temanggung. Menurut informasi yang ada, beberapa waktu yang lalu, kopi ini mendapat juara 2 dalam acara Word of Coffe Dublin 2016. Peserta yang hadi boleh mencicipi kopi ini secara gratis. Selain itu peserta juga dihibur oleh orkes Calong dari Rowo Seneng dan orgen tunggal yang siap melantunkan lagu-lagu dangdut terkini.

Obyek Wisata Goa Sigrowong merupakan obyek wisata alam yang baru saja dibuka untuk umum. Di Goa Sigrowong kita dapat menikmati pemandangan alam hutan pinus yang asri sembari menghirup udara segar. Di lokasi ini juga terdapat beberapa spot-spot yang indah dan cocok untuk foto bersama maupun swafoto. Tempat ini sangat cocok buat kita yang ingin mendinginkan pikiran atau sekedar piknik bersama keluarga.

Sekitar pukul 11.00 WIB acara ini selesai. Pak Ganjar bertolak ke Obyek Wisata Watu Layah yang berada di Desa Tlogo Pucang Kandangan, bersama Komunitas N-Max Temanggung. Saya yang sudah kelelahan memilih pulang kerumah. Perjalanan masih 20 menit naik turun. Untung cuaca saat itu tidak terlalu terik. Jadi pulangnya saya tidak ngoyo dan kepanasan. Dan kali ini masih sama dengan gowes-gowes sebelumya. Sayang masih pulang tanpa membawa doorprize. Mungkin lain kesempatan. 🙂