Hari Sabtu tanggal 9 September 2017 saya beserta ribuan peserta lainya mengikuti kegiatan Gowes Pesona Nusantara 2017. Kegiatan yang merupakan puncak Hari Olahraga Nasional ini diselenggarakan di Kota Magelang. Kegiatan ini juga merupakan rangkaian Gowes Pesona Nusantara 2017 yang diselenggarakan di beberapa kota di seluruh Indonesia.

Gowes kali ini menempuh jarak sekitar 2 kilometer dengan lokasi start di Rindam IV Diponegoro sampai dengan Stadion Moch Subroto Kota Magelang. Rencananya Gowes Pesona Nusantara ini akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Bp. Ir. H. Joko Widodo, akan tetapi karena ada kepentingan yang bersamaan, akhirnya beliau tidak jadi hadir. Gowes diikuti oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Bp. Imam Nachrawi beserta Gubernur dan Bupati/Walikota dari beberapa daerah di Indonesia.

Kegiatan ini juga diikuti oleh Tim Gowes Touring Pesona Nusantara yang telah berhasil menempuh jarak 5.124 kilometer dari titik 0 kilometer di ujung barat Indonesia. Tim ini memulai gowes sejak tanggal 5 Mei 2017 dari Kota Sabang dan berakhir tanggal 9 September 2017 di Kota Magelang. Tim yang terdiri dari 15 orang ini berhasil menyelesaikan gowes dari etape satu ke etape berikutnya. Pada puncak Haornas ini, Musium Rekor Muri Indonesia juga memberikan penghargaan rekor kepada Menpora atas kegiatan Gowes Touring Pesona Nusantara ini.

Hari Olahraga Nasional Tahun 2017 mengambil tema “Olahraga Menyatukan Kita”. Berbagai cabang olahraga diharapkan dapat menyatukan kita dengan keragamannya. Pada puncak acara juga dilaksanakan prosesi pencampuran tanah dan air dari berbagai wilayah Indonesia. Tanah dan air yang dicampur nantinya akan dibuat Monumen Tanah Air yang berada di Puncak Gunung Tidar Kota Magelang sebagai simbol Persatuan Indonesia.

Gerakan “Ayo Olahraga” mengajak masyarakat untuk lebih gemar berolahraga. Gowes atau bersepeda merupakan salah satu kegiatan yang dipilih dalam gerakan “Ayo Olahraga” karena olahraga ini sudah memasyarakat. Gowes memenuhi kriteria olahraga yang murah, meriah, masal, manfaat, dan menarik. Gowes dapat dilakukan baik diwaktu khusus maupun saat pergi dan pulang kerja / sekolah. Mudah-mudahan pemerintah juga memperhatikan pesepeda dengan membuat jalur-jalur khusus sepeda. Selain itu, mudah-mudahan juga disediakan fasilitas bagi pesepeda baik di kantor-kantor pemerintah, swasta dan di area publik lainya.

Sebenarnya rute yang ditempuh pada Gowes Pesona Nusantara di Kota Magelang ini terlalu pendek. Jaraknya yang hanya kurang dari 2 kilometer membuat kita yang belum berkeringat sudah mencapai finish. Untungnya, satu hari sebelum kegiatan gowes ini, saya telah mengayuh sepeda saya dari rumah sampai dengan tempat kerja yang berjarak sekitar 35 kilometer. Sebelum gowes dari titik start kemarin, saya juga sudah menggowes dari kantor yang berjarak kurang lebih 2 kilometer. Jadi, kalau dirangkai jaraknya tidak terlalu pendek lah :).

Meskipun dalam kegiatan ini saya tidak mendapat doorprize (entah kupon diundi atau tidak), tapi saya senang karena bisa mengikuti event bersepeda tingkat nasional ini. Lumayan menyenangkan kumpul bersama beberapa teman, pejabat dan ribuan orang di tempat yang sama.

Kemarin sempat terfikir dalam benak saya untuk melakukan gowes dari rumah ke kantor secara rutin. Selain sehat, tentunya juga dapat turut berpartisipasi dalam kegiatan mengurangi polusi udara yang bermanfaat untuk bumi kita. Mudah-mudahan bisa terlaksana. Amin.

Ada yang mau ikut?