Syubanul yaum rijalul ghad. Pemuda hari ini adalah pemimpin di masa depan. Untuk itu seorang pemuda harus bersiap membekali diri dengan ilmu dan keahlian agar kelak ketika tiba saatnya memimpin dia dapat menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya. Kurang lebih seperti di atas salah satu hal yang disampaikan dalam segmen kultum pada acara Buka Bersama Remaja Mangunrejo. Acara yang bertujuan untuk menjalin silaturahim antar Remaja Mangunrejo ini diadakan pada hari Minggu, 18 Juni 2017 M / 23 Ramadhan 1438 H, berlokasi di SD Negeri Mangunrejo.

Perwakilan Remaja Bersama Tokoh Masyarakat

Acara ini juga mendapat apresiasi dari Pemerintah Desa Mangunrejo yang diwakili oleh Sekretaris Desa. Dalam sambutannya, Sekretaris Desa Mangunrejo, Bp.Teguh Dimyati menegaskan bahwa untuk menjalankan organisasi maka pemuda harus berkumpul. “Dengan berkumpul akan melahirkan ide, gagasan dan kegiatan-kegiatan yang berkaitan degan kepemudaan”, lanjut beliau. Beberapa tokoh masyarakat maupun tokoh agama juga mendukung kegiatan ini. Kedepan diharapkan ada kegiatan-kegiatan kreatif semacam ini yang muncul dari inisiatif para remaja Mangunrejo.

Acara yang diinisiasi oleh beberapa remaja ini sukses menghadirkan kurang lebih 100 peserta. Remaja Mangunrejo lintas generasi mulai dari yang masih SMP sampai dengan yang sudah punya anak, antusias untuk mengikuti kegiatan ini. Acara dengan jargon kumpul bareng, buka bareng, gayeng bareng ini juga menghadirkan para sesepuh yang terdiri dari Mantan Kepala Desa Mangunrejo, Kepala Dusun Krajan juga beberapa tokoh masyarakat dan tokoh agama Dusun Krajan, Desa Mangunrejo.

Kegiatan dimulai pukul 16.30 WIB. Rangkaian acara buka bersama ini diawali dengan membaca surat Al Fatihah bersama. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat-ayat suci Al Qur’an, sambutan-sambutan, kultum dan diakhiri dengan buka bersama. Sehabis minum dan menyantap makanan ringan, acara dilanjutkan dengan sholat manghrib berjamaah. Barulah sehabis sholat maghrib, peserta melaksanakan makan bersama.

Di sela-sela acara, panitia membagikan doorprize untuk para peserta. Selain diundi, doorprize juga dibagikan dengan cara memberikan kuis dan permainan. Serunya acara buka bersama ini membuat suasana begitu cair. Riuh tawa peserta juga tepuk tangan meriah sesekali memadati ruang kegiatan tersebut.