Hari Sabtu tanggal 3 Desember 2016, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Magelang menggelar Seminar Bisnis dan Workshop Internet Marketing yang bertempat di Hotel Atria Magelang. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 200 pelaku UKM di wilayah Magelang dan sekitarnya.

Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Kantor Pelayanan Pajak Pratama kepada pelaku Usaha Kecil Menengah di wilayah Magelang dan sekitarnya untuk dapat meningkatkan daya saing, khususnya di era teknologi informasi ini. Kegiatan yang diikuti oleh Pelaku UKM yang telah ber NPWP ini merupakan bentuk apresiasi KPP Pratama Magelang dalam rangka pelaksanaan program pembinaan wajib pajak UKM melalui sistem Business Development Services.

Menurut pihak penyelenggara, animo masyakat untuk mengikuti kegiatan ini cukup tinggi. Dari sekitar 500 pendaftar hanya dipilih 200 orang pelaku UKM yang dapat mengikuti seminar dan workshop gratis ini.

Kegiatan yang bertema “UKM Indonesia membangun bangsa” ini menghadirkan nara sumber Saptuari Sugiharto. Beliau adalah pemilik Kedai Digital, Kaos Jogist serta beberapa usaha lain. Kepiawaiannya di bidang enterpreneur membuatnya mendapat beberapa penghargaan salah satunya Most Promising Asia Pacific Enterpreneur Award pada tahun 2009. Selain sebagai pengusaha beliau juga seorang founder dari Komunitas Sedekah Rombongan. Beliau juga aktif mengkampanyekan gerakan pengusaha tanpa riba. Disela-sela rutinitasnya beliau juga menulis buku, dan beberapa bukunya menjadi best seller.

Pembicara yang kedua adalah Sumbodo Malik. Pria yang tinggal di Menowo Magelang ini sudah bertahun-tahun menggeluti dunia internet marketing. Keahlianya untuk mengais rejeki lewat media internet sudah tidak diragukan lagi. Beliau juga tidak pelit dalam berbagi ilmu. Bahkan untuk menularkan ilmu yang ia miliki, Mas Mbodo mendirikan Kampung Blogger di kampungnya, Menowo Magelang. Beberapa orang didikannya telah membuahkan hasil. Beliau juga bersedia dipanggil untuk mengajari kelompok-kelompok yang ingin belajar lebih intensif secara gratis. “Beneran cukup digratisi mie ayam sama es teh saya siap datang, gratis” kata Mas Mbodo dalam sela-sela workshop kemarin.

Dalam kesempatan ini Mas Saptu menyampaikan materi yang benar-benar menginspirasi. Salah satunya beliau menyampaikan 10 Salah Kaprah Pengusaha antara lain :

– Bisnis tetapi tidak fokus
– Miskin ide, hobi ikut-ikutan
– Bagai katak dalam sarung
– Gampang percaya, mudah ditipu
– Pingin sukses tapi ga mau proses
– Kebanyakan gaya, tampil sok kaya
– Hobi hutang bingung bayar
– Buta keuangan, asal-asalan
– Sok pintar ga mau belajar
– Salah niat

Mas Saptu juga mengajak kita untuk menjauhi riba, banyak sedekah juga banyak-banyak riadhoh.

Pada sesi workshop, Mas Sumbodo Malik juga menyampaikan materi yang tak kalah seru. Pakar internet marketing ini mengajari kiat-kiat berjualan melalui Tokopedia, Bukalapak serta mengajari kita promosi dengan facebook ads dengan membidik segmentasi yang tepat. Beliau mengatakan kalau saat ini pengguna aktif facebook telah mencapai 80 juta di Indonesia. Ini merupakan peluang yang besar untuk mempromosikan produk-produk UKM.

Acara berlangsung dari pukul 09.00 s/d 16.00 WIB. Sebagai salah satu peserta, saya mendapatkan motivasi, inspirasi dan ilmu khususnya di bidang Internet marketing. Bagi saya acara seperti ini sangat baik karena akan memberi wawasan serta ilmu bagi para pelaku UKM.

Mudah-mudahan kedepan akan banyak diselenggarakan acara semacam ini sehingga UKM mampu bersaing di era teknologi informasi ini. Terimakasih KPP Pratama Magelang.