Blog adalah salah satu sarana untuk sharing . Melalui media blog (web log) kita dapat menuliskan informasi apa saja yang akan kita bagikan kepada para pengunjung blog kita seperti hal-hal seputar pekerjaan, minat,  opini dan lain sebagainya. Seseorang yang hobi menulis di blog disebut blogger.

Disamping sebagai hobi, ngeblog juga dapat kita jadikan media untuk mencari uang di internet. Dengan melakukan beberapa trik, kita dapat mendulang dolar dari dunia per-blogging-an.

Arif Wahyu Nugroho dan Andri Budi adalah salah satu contoh seseorang yang telah berhasil mengais pundi-pundi dolar dari memanfaatkan blog. Anggota Relawan TIK Magelang ini telah berhasil menjadi pengangguran sukses. Dalam artian mereka tidak perlu bekerja di kantor, tetapi uang mengalir begitu saja ke dompetnya. Luar biasa bukan?

Minggu siang tanggal 7 Agustus 2016, Perpustakaan Daerah Kota Magelang yang bekerjasama dengan Relawan TIK Magelang mengadakan pelatihan dengan tema “Monetisasi Blog, Cara Memanfaatkan Blog Untuk Menghasilkan Uang”. Acara ini dihadiri oleh sekitar 15 peserta dengan menghadirkan narasumber Arif dan Andri dari Relawan TIK Magelang.

Beberapa hal yang dibahas pada pelatihan kali ini antara lain ; bagaimana memilih tema blog yang tepat, bagai mana membuat artikel yang baik, bagaimana cara riset kata kunci, dan bagai mana melakukan search engine optimization (SEO).

Sharing session kali ini berlangsung dengan lancar. Beberapa peserta antusias untuk berdikusi dengan narasumber. Dua jam waktu pelatihan amatlah kurang untuk menggali ilmu di dunia blogging ini.