Teknologi internet saat ini berkembang dengan pesat. Internet semakin dikenal oleh masyarakat, baik yang di kota maupun desa, baik orang dewasa maupun anak-anak. Piranti pendukungnyapun sekarang semakin mudah dan murah untuk didapatkan. Penggunakan gadget semakin marak bak jamur di musim penghujan. Tak heran jika dewasa ini segala bentuk informasi sangat mudah diakses oleh masyarakat baik itu informasi positif maupun informasi yang bersifat negatif.

Kemudahan akan akses informasi ibarat pedang bermata dua. Jika kita bijak menggunakannya maka teknologi informasi akan memberikan banyak manfaat. Namun sebaliknya, jika kita tidak bijak dalam menerapkannya maka teknologi informasi tersebut akan menjadi ancaman yang berbahaya baik untuk diri sendiri, keluarga maupun lingkungan sekitar. Seperti air yang senantiasa memberikan manfaat pada kehidupan kita. Namun, jika air itu bergerak cepat dan dalam jumlah yang besar, padahal kita belum tahu bagaimana cara menyikapinya maka air yang tadinya bermanfaat akan berubah jadi bah yang membahayakan diri kita. Begitulah teknologi informasi. Begitu banyak dan cepat yang menuntut kita untuk lebih arif dan berhati-hati dalam menyikapinya.

Berdasarkan alasan tersebut di atas maka PT Telkomsel merasa perlu mengedukasi masyarakat. Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) -nya. PT Telkomsel yang bekerja sama dengan Yayasan Kita dan Buah Hati, Kakatu dan ICT Watch menyelenggarakan program acara #InternetBaik.

Internet Baik merupakan singkatan dari Internet Bertanggungjawab, Aman, Inspiratif dan Kreatif. Program #InternetBaik ini bertujuan untuk meluaskan kampanye dan edukasi internet yang sehat dan aman dengan melibatkan semua kalangan sehingga pemahaman #InternetBaik akan menjadi kebutuhan semua pihak.

Rangkaian kegiatan #InternetBaik insyaAllah akan diselenggarakan di 12 Kota di Indonesia antara lain ; Seminar, Workshop Training For Trainer (TFT) dan Kelas Edukasi.

Acara Roadshow yang pertama kali di selenggarakan di Jogjakarta pada tanggal 2-5 Agustus 2016. Berkat informasi yang di share oleh kang @dobelden, saya bisa ikut mendaftar dan lolos untuk mengikuti Roadshow Perdana Internet Baik di Yogyakarta yang diselenggarakan di Hotel Grand Tjokro dan LPMP Yogyakarta.

Alhamdulillah selama tiga hari mengikuti acara ini banyak sekali ilmu pengetahuan yang saya peroleh antara lain pengetahuan tentang Digital Parenting, Digital Creative, Digitarl Literatur, Parental Control dan lain sebagainya.

Semoga dengan mengikuti acara ini saya bisa menyerap ilmu yang diberikan sehingga saya bisa lebih bijak dalam memanfaatkan teknologi informasi yang akan memberi banyak manfaat untuk saya sendiri, keluarga dan masyarakat. Amin.