Water Toren atau menara air yang menjadi land mark Kota Magelang ini berada di sudut barat-utara aloon-aloon Kota Magelang. Menara yang mampu menampung 1,750 juta liter air ini mulai dibangun tahun 1916 oleh seorang arsitek kebangsaan Belanda bernama Herman Thomas Karsten pada masa pemerintahan Kolonial Belanda, dengan menghabiskan dana sebanyak 550 ribu gulden dan resmi beroperasi pada tanggal 2 Mei 1920. Reservoir ini memiliki tinggi 21,2 m dan luas 395,99 m2 serta mempunyai pilar sebanyak 32 buah.

Bangunan yang menyerupai kompor raksasa ini berfungsi sebagai penampung air yang bersumber dari beberapa mata air untuk disalurkan kepada masyarakat Kota Magelang. Bangunan sebelah atas berfungsi untuk menampung air. Sedangkan di bagian bawah terdapat 14 ruangan, pintu masuk dan kamar mandi. Ruangan-ruangan di bagian bawah ini dulunya digunakan untuk pelayanan masyarakat, administrasi dan ruang pengontrol air. Namun sekarang ruangan-ruangan ini digunakan sebagai gudang.

Di bagian tengah Water Toren terdapat ruang penghubung bagian atas dan bawah yang berbentuk lingkaran dengan diameter sepanjang 3 m. Di dalam ruang ini terdapat beberapa pipa yang mengalirkan air dari sumber mata air ke bak penampungan juga dari penampungan ke rumah masyarakat. Untuk naik ke atas kita dapat melewati tangga bawah yang melingkar mengelilingi pipa sejumlah 3 tingkatan dengan 18 anak tangga. Setelah melewati tangga melingkar, kira harus memanjat tangga vertikal dengan panjang sekitar 10 meter.

Pada bagian atas, menara air ini tertutup rapat oleh beton dan hanya ada beberapa kotak kecil sebagai pintu masuk ke bak penampungan. Di bagian tengah terdapat ruang kecil melingkar sebagai pintu akses naik maupun turun. Di atas ruangan melingkar itu terdapat 2 antena grid jaringan dan kotak sirine yang pada jaman dahulu digunakan untuk menunjukkan waktu . Di atas menara ini juga terdapat papan display bertuliskan Magelang Kota Sejuta Bunga yang menghadap ke selatan. Dari atas menara kita dapat menikmati pemandangan Kota Magelang yang menakjubkan.

Water Toren saat ini masih berfungsi sebagai tempat penampungan air minum untuk masyarakat Kota Magelang. Menara air ini sekarang dikelola oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Magelang. Bangunan peninggalan Belanda ini sampai sekarang masih kokoh berdiri dan berfungsi dengan baik. Dan menurut catatan sejarah bangunan ini belum pernah mengalami pemugaran.

Temanggung, 24 April 2015

Referensi : https://kotatoeamagelang.wordpress.com/2011/03/30/menara-air/