Saat ini perangkat komputer tidak lagi dianggap sebagai barang yang mewah. Sebagian besar dari kita telah menggunakan teknologi komputer dalam kehidupan sehari-hari. Pegawai, karyawan, pengusaha, pemilik toko, pelajar juga mahasiswa hampir dipastikan menggunakan komputer. Tak jarang dari mereka yang bergantung pada perangkat super canggih ini.

Banyaknya manfaat yang diperoleh dari komputer membuat kita rela mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk membeli hardware maupun software komputer. Namun sayang mahalnya harga perangkat lunak (software) kadang membuat sebagian dari kita memilih jalan pintas untuk mengunakan software bajakan. Bahkan sudah menjadi rahasia umum di Indonesia ini software bajakan masih bertebaran di mana-mana. Belum adanya tindakan tegas dari pemerintah membuat kita merasa tak perlu khawatir menggunakan software yang sebenarnya melanggar hak cipta tersebut.

Padahal sebenarnya kalo kita mau dan niat, banyak sekali software-software alternatif yang bisa kita manfaatkan untuk membantu pekerjaan kita. Banyak developer maupun komunitas-komunitas yang telah menyumbangkan ilmunya untuk menciptakan software yang benar-benar free namun tetap powerful. Bahkan ada juga mereka yang memberikan source code nya sehingga kita dapat memodifikasi software tersebut.

Saya termasuk orang yang sudah terlanjur bergantung dengan komputer. Hampir bisa dikatakan tiada hari tanpa menyentuh komputer. Beberapa tahun yang lalu saya masih bangga dan enjoy menggunakan perangkat lunak bajakan. Jujur saja saya banyak belajar komputer dari software-software bajakan itu. Namun sekitar tiga tahun yang lalu saya memutuskan diri untuk mencoba menggunakan perangkat lunak yang legal. Awalnya agak kesulitan karena harus beradaptasi dengan hal yang baru, tetapi setelah beberapa bulan menggunakan akhirnya jadi terbiasa juga. Dan saat ini hampir semua perangkat lunak di komputer saya telah menggunakan perangkat lunak yang legal.

Saya menggunakan beberapa aplikasi gratis yang tidak kalah bagus dengan program aplikasi yang berbayar. Aplikasi tersebut antara lain ; WPS Office (Kingsoft Office), Inkscape, Gimp, Vectorian Giotto, VLC Media Player, PHP, MariaDB, Nginx, HeidiSQL, AIMP3, 7zip, Crome, Notepad ++, Bluefish, Foxit Reader dan beberapa program yang lainya. Beberapa program aplikasi gratis di atas sangat membantu saya dalam bekerja sehari-hari. Bagi pengguna windows, dengan aplikasi di atas kita hanya cukup membeli komputer/laptop dengan sistem operasi yang tidak terlalu mahal dibandingkan harus membeli program aplikasi yang berbayar. Kita bisa berhemat puluhan juta namun tetap bisa menggunakan perangkat lunak yang legal dan powerful. InsyaAllah jika ada kesempatan program-program di atas akan saya ulas satu per satu.

Mari berbenah diri dengan menghargai hak cipta dengan tidak menggunakan perangkat lunak bajakan. Semoga anda tertarik.

Tegaljoho, 12 Juni 2014