Bagi umat Islam tidak ada perintah, anjuran maupun larangan yang tertuang di dalam ajaran-ajarannya yang tidak bermanfaat bagi yang mengamalkannya. Salah satu diantaranya adalah anjuran untuk berpuasa. Lima belas abad yang lalu Baginda Nabi Besar Muhammad SAW bersabda “Berpuasalah maka kamu akan sehat”. Maka sabda Nabi tersebut saat ini telah terbukti secara ilmu kesehatan modern. Beberapa ahli kesehatan yang telah melakukan penelitian sepakat menyatakan bahwa puasa membuat tubuh menjadi sehat. Beberapa manfaat puasa diantaranya adalah menyeimbangkan nutrisi dalam tubuh, menurunkan kadar kolesterol, mendetoksifikasi tubuh, menyehatkan jantung, meningkatkan kemampuan otak dan masih banyak lagi manfaat -manfaat lain dari berpuasa.

Berbicara mengenai manfaat puasa, kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya yang telah membuktikan betapa hebatnya faedah dari berpuasa.

Di desa saya suasana hari lebaran masih sangat khas dengan tradisi ujung atau silaturahim dari rumah satu kerumah lainya. Baik anak-anak maupun remaja selalu menghabiskan hari pertama lebaran untuk bertandang kerumah-rumah penduduk satu kampung. Tradisi di desa kami setiap rumah selalu mepersilakan tamunya untuk minum, makan makanan ringan juga makan sebagai penutupnya. Mau tidak mau saya harus makan lebih dari sepuluh kali dalam sehari. Hal ini membuat perut saya tidak nyaman. Efek dari makan yang berlebihan ini membuat saya terkena diare. Maka keesokan harinya saya mencoba puasa. Dan Alhamdulillah tanpa secuil obat diare-pun perut saya kembali normal, dan nyaman seperti sediakala.

Di waktu yang lain pernah suatu ketika perut saya terasa begah. Lidah saya terasa kecut, sedikit diare dan perut yang tidak nyaman membuat saya malas untuk beraktifitas. Awalnya saya pikir itu karena kembung, namun beberapa hari berlalu rasa begah itu tak kunjung hilang. Akhirnya saya mencoba memeriksakan ke dokter. Obat yang diberikan dokter sudah hampir habis tapi rasa begah itu masih ada. Akhirnya saya mencoba untuk berpuasa lagi beberapa hari dan Alhamdulillah dengan sendirinya rasa begah diperut saya segera hilang.

Subhanallah. Maha Suci Allah yang telah mengutus Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi seluruh alam.

Tegaljoho, 02 Juni 2014